• UGM
  • IT Center
  • Bahasa Indonesia
    • English
    • Bahasa Indonesia
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Geografi
Program Studi Doktor Ilmu Geografi
  • Home
  • Profil
    • Pengantar Dekan
    • Tentang Prodi
    • Visi, Misi & Tujuan
    • Kompetensi Lulusan
    • Pengurus Prodi
    • Pengajar & Promotor
  • Pendaftaran
  • Akademik
    • Kurikulum
    • Tahapan Kandidatur
    • Panduan & Borang
    • Kerjasama
    • Alumni
  • Riset & Publikasi
    • Riset Mahasiswa
    • Riset Lulusan
    • Publikasi Mahasiswa
    • Skill Riset & Publikasi
  • Kontak Kami
  • Beranda
  • Informasi Pendaftaran

Informasi Pendaftaran

  • 17 Maret 2025, 09.23
  • Oleh: admin1
  • 0

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Doktor Ilmu Geografi

Informasi lengkap bisa diakses di https://um.ugm.ac.id/

Jadwal pendaftaran bias diakses di https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-magister-dan-doktor/

 

A. Ragam Seleksi Program Pascasarjana

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Pascasarjana terdiri dari:

  • Jalur Reguler
    Diperuntukkan bagi pendaftar dengan biaya sendiri.
  • Jalur Kerja sama
    Diperuntukkan bagi:
    a. pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh lembaga/instansi pemberi beasiswa (dibuktikan dengan adanya surat penetapan sebagai penerima beasiswa); atau
    b. pendaftar yang pendidikanya dibiayai oleh mitra kerja sama UGM yang dibuktikan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) yang berlaku (daftar mitra kerja sama dapat dipilih pada saat mengisi pendaftaran online).
  • Jalur Pelamar Beasiswa
    Diperuntukkan bagi pendaftar yang sedang mendaftar beasiswa dari berbagai lembaga/instansi/pihak pemberi beasiswa.
  • Jalur Internasional
    Diperuntukkan bagi pendaftar Warga Negara Asing (WNA).
  • Jalur Berbasis Penelitian (by research)
    Diperuntukkan bagi pendaftar program Magister atau Doktor yang telah memiliki pengalaman penelitian dan publikasi sebelumnya, dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian serta publikasi.

 

B. Persyaratan Pendaftaran Program Doktor

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S2 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Doktor yang akan diikuti;
2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S2 atau yang setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S2, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM 500 Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM , dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TPDA PLTI 500 Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS 500 Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Skor Minimal Keterangan
AcEPT UGM 209 Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TOEP PLTI 40 Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
International English Testing System (IELTS) 5.0 Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Internet-Based (iBT) TOEFL 45 Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL 450 Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja calon mahasiswa. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif.
7. Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa mengikuti program (format dapat diunduh di sini).
  2. Proposal penelitian Disertasi*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

 

C. Prosedur Pendaftaran Program Doktor

  1. Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak program studi klik di sini.
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    • Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    • Siapkan hasil pemindaian (scan)dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
  4. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
    Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  5. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
    Pendaftar pada gelombang 1 belum diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang 2 dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftaran pada gelombang 2 dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara.
  6. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
No Dokumen Format
(1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
(2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
(3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
(4) Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

  • Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI), Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM , dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

*.pdf
(5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP, Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes.
  • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes.

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.


Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, 
silakan klik disini.

*.pdf
(6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(7) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
(8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, rencana setelah selesai kuliah, dan calon promotor yang sudah dihubungi (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(9) Draft Proposal penelitian Disertasi*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi

*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

*.pdf
(10) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf

 

D. Jadwal Seleksi

Jadwal seleksi program pascasarjana dapat dilihat di laman https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-magister-dan-doktor/


E. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Program Doktor Ilmu Geografi Rp 750.000,00

Syarat khusus:

  • Doktor reguler: mengumpulkan proposal penelitian
  • Doktor by research:  mengumpulkan proposal penelitian dan artikel publikasi

 

F. Uang Kuliah Tunggal

Jenjang

Program Studi Jalur

Tarif Pendidikan UKT (Rp) per Semester

S3

Doktor Ilmu Geografi Reguler 19.000.000

S3

Doktor Ilmu Geografi Kerjasama 27.000.000

S3

Doktor Ilmu Geografi Internasional/asing 49.500.000

 

 

hit counter for website

Recent Posts

  • Ujian Terbuka Promosi Doktor: Endy Agustian
  • Seminar Kemajuan Hasil Penelitian: Muhammad Rizali Umarella
  • Flyer Pendaftaran Mahasiswa Baru
Universitas Gadjah Mada

Program Studi Doktor Ilmu Geografi

Gedung A Lantai 1, Fakultas Geografi, UGM
Sekip Utara, Bulaksumur, Yogyakarta 55281 INDONESIA

Telp: +62 274 6492348 | Fax: +62 274 589595
Email: prodi-s3.geo@ugm.ac.id

Website: https://s3.geo.ugm.ac.id/

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju